Sabtu, 19 Mei 2012

HAL-HAL YANG MEMBUAT SAYA TERTARIK


Iseng-iseng saya membuat daftar ini. Apa-apa yang bisa membuat saya lansung tersenyum dan secara spontan memberi sensasi bahagia. Urutannya saya buat secara acak – karena hal-hal yang menarik buat saya tidak bisa diukur dengan deret angka. Oke langsung saja cekidot…
1. Hujan dini hari
Tidak ada istilah ‘insomnia’ bila sudah mendengar suara mereka yang berdentang-dentang secara koloni membentur bumi. Itu seperti tidur diiringi dengan gesekan biola. Terasa begitu menenangkan. Serasa ada yang mengelus kepalamu sepanjang malam. Jadi kau tak perlu repot-repot pergi ke apotik untuk membeli obat anti depresi.
2. Deretan sawah disepanjang jalan
Saat pulang ke rumah atau bepergian kemana saja menggunakan moda transportasi bis atau kereta api sebisa mungkin saya harus duduk di sebelah jendela. Mata saya akan dengan mudah terhipnotis petak hijau berderet-deret yang kadang lama putusnya itu. Apalagi kalau disaat cuaca cerah, matahari akan memberi efek liukan cahaya di atas hamparan padi yang menghijau. Mata saya akan terus mengikutinya sampai mulut saya menguap. Panggil saya autis. Saya akan sedikit mengeluarkan kata kalau sedang dalam kondisi seperti ini. Tak kalah hebat dibandingkan saat menonoton komidi putar. Hal-hal semacam itu terlalu sayang untuk dilewatkan.  
3. French language
Dalam bayangan saya orang perancis itu seperti seekor ikan yang sama-sama bernafas melalui mulut. Yang bila orang lain mencobanya dalam hitungan puluhan detik pasti langsung megap-megap. Satu lagi, akan sukses membuat lidah anda keseleo beribu kali. Ya.. saya suka suara sengau yang keluar dari mulut mereka. Terdengar sangat eksotis di telinga saya. Dan sampai sekarang saya hanya tahu beberapa kalimat saja, seperti; Bonjour, ca va bienExcusez-moi, monsure dan Merci beaucoup. Err… sepertinya saya hanya suka mendengar cericit vibra mereka tanpa mau berusaha untuk bisa. Anu… saya ngeri mendengar suara sendiri. Sengau serak parah! hahaha…
4. Warna Sepia dan absurditas di film Perancis
Saya sangat suka warna itu. Seperti warna dari kehidupan lain yang begitu asing tapi sekaligus begitu hangat dan akrab. Selain warna elemen lain yang membuat saya terpana adalah – selain bahasa tentunya – mereka bisa menampilkan cerita dan gambar absurd yang begitu indah. Mengawang namun secara bersamaan tampak begitu nyata. Sangat manis…
5. Panggilan nduk/nak
Panggilan seperti itu sangat mengena didiri saya. Apapun perkataan atau nasihat yang selalu diimbuhi kata nduk/nak akan mampu menundukkan kemasabodohan saya. Sangat akrab dan hangat. ‘nduk’ ‘nak’ itu seperti magic word mampu mencerahkan hari yang suram, mendekatkan jarak dan menghangatkan hati. Cieee….
6. Tikus
Akhir-akhir ini saya sangat suka kata tikus - meskipun di dunia nyata saya sangat benci binatang itu . Seperti  tetikus untuk kata ganti mouse. Mickey tikus dan Mini tikus lebih menarik di telinga daripada Mickey mouse atau Mini mouse. Mereka terdengar begitu catchy. Membuat telinga saya seperti digelitik, keenakan lalu ketagihan…
7. Bau buku
Sebelum membaca buku saya selalu memulai ritual dengan membaui lembaran-lembarannya [sudah seperti bocah ingusan yang mabok lem saya].  Buku baru maupun buku lawas. Ada yang khas di sana. Kadang-kadang saya menemukan jejak coklat batangan dan daun maple di sana.
8. Layang-layang
Keriuhan sekumpulan anak yang sibuk menggerak gerakkan benang mengendalikan layang-layang selalu mampu menarik perhatian saya. Tanya kenapa? Karena saya suka awan dan langit maka layang-layang adalah elemen yang pas untuk menyempurnakan kombinasi tersebut.
9. Jus tomat dan durian
Saya suka jus tomat karena saya suka tomat - yaelah! Suka rasanya yang tak terlalu manis dan ada sedikit rasa asam di dalamnya. Meskipun banyak teman saya yang tak suka dengannya. Lalu durian adalah buah sejuta umat. Raja dari segala raja buah. Buah surgawi meeen… tak ada alasan untuk menolaknya. Baiklah, saya bisa terima kalau orang berbeda selera musik dengan saya. Saya bisa menghargai jenis buku apapun yang anda pilih. Saya bisa mengerti apapun orientasi seks anda. Tapi, kapasitas otak saya tidak bisa menerima kalau ada orang yang bilang tidak suka durian. Sebutan apalagi yang pantas untuk disematkan pada orang yang menolak kelezatan buah berduri itu selain bodoh. Maaf, anda telah menyia-nyiakan kenikmatan duniawi. Belum tentu nanti di surga sana tumbuh pohon durian… :p
10. Kata ‘thanks to’ di sampul kaset
Ya, saya sangat manual. Saking manualnya saya masih beli kaset. Hehehe… saya sangat suka membaca persembahan terimakasih dari seseorang kepada orang lain. Biasanya yang sangat berjasa dalam hidup atau karyanya;  seperti Tuhan, orang terdekat, teman sahabat sampai remeh temeh lainnya. Banyak hal unik yang saya dapati di sana. Kadang lucu, membuat meringis, berlebihan, absurd. Seperti membaca ekspresi wajah…
11. Rahasia
Sebenarnya masih banyak hal lain yang membuat saya tertarik. Tapi rahasia dong… bukankah setiap orang harus punya harta karunnya sendiri. Akan ada seorang seperti Jack Sparrow yang akan membuat hidup anda tidak membosankan dan lebih berwarna. Karena anda punya umpan berupa harta karun yang peta dan gemboknya ada di tangan anda. Menyenangkan huh? Hohoho…

Sudah, sekian dulu list dari saya. Mau bobok sambil mendengarkan lullaby dari abang Kurt. ‘Putar kasetnya Nirvana – SLIVER the best of the box’ 


Tidak ada komentar: