Minggu, 20 Maret 2011

TANPA TUJUAN


Apa yang dapat saya lakukan dengan hidup yang sudah tidak ditunjang oleh suatu cita-cita. Secara spontan dan tanpa sadar saya mengikuti pendapat Pascal tentang "kesenangan". Tetapi kesenangan-kesenangan yang saya dapatkan tidak memberikan kebahagiaan sejati. Berulang kali saya bertanya pada diri sendiri: "Daripada meneruskan hidup yang sama sekali tak berarti, apakah tidak lebih baik bila saya mengakhiri hidup saya?" Tetapi pada saat itu, kehampaan yang saya kira akan mengikuti kematian tidak begitu menarik bagi saya. Kematian di medan perang atau di depan regu tembak nampaknya lebih berharga, sedangkan hidup dengan tanpa tujuan, seperti juga mati dengan tanpa tujuan, nampaknya tidak berarti. Maka saya tetap menolak keinginan untuk memilih kematian. Mungkin juga dalam alam ketidaksadaran saya ada setitik harapan bahwa saya akan menemukan suatu kehidupan baru.*


* Dikutip dari buku Ateisme Dewasa Ini   ditulis oleh Ignace Lepp

Tidak ada komentar: