Senin, 08 Juni 2009

MASA KECILKU


Pernahkah kau merasa………..begitu ingin kembali ke masa kanak-kanakmu dulu.Hidup di dunia yang tak kenal penghakiman,penilaian,prasangka dan tuntutan.Jiwa-jiwa yang bebas,tanpa batas.Terbang bebas kesana kemari,tanpa ada beban pengharapan di kedua kepak sayapmu.Hidup yang dalam tiap tarikan nafasnya adalah ketulusan yang suci,sesuci embun pagi.dan dalam setiap aliran darahmu adalah spontanitas yang begitu manis,semanis kembang-kembang gula.Di masa dimana semua benar apa adanya,menjadi dirimu seutuhnya.Tak peduli apa kata dunia,yang kemudian hari mungkin akan mengubahmu menjadi ‘sesuatu” yang diinginkannya.saat kau melakukan kesalahan,dunia akan mendekapmu dalam toleransinya yang begitu agung.Dan saat kau melakukan hal-hal yang mereka anggap benar,segala pujian dari penjuru alam raya akan menina bobokkanmu dalam tidur lelapmu.Segala tawa yang mengalir,dan tangis yang tercurah adalah permata jiwa.Yang kadang kala merupakan senjata ampuh yang mampu meluluhkan hati orang-orang dewasa yang telah terkontaminasi angkuhnya dunia.

Hmm……..kadang aku sangat rindu masa-masa itu.Disaat aku muak dengan segala kemunafikan di muka bumi ini.Semua merasa benar,dengan aturannya sendiri.Ketika ambisi meluluh lantakkan segalanya.Di saat damai menjadi hal yang mustahil,diantara desingan peluru yang mengoyak-ngoyakkan nurani,hati,dan jiwa asasi manusia.
Aku ingin kembali merasakan masa-masa itu.Mengingatkanku pada hal-hal konyol yang pernah kulakukan.yang membuatku tersenyum dan tertawa jika mengingatnya.Menjadi kenangan yang tertancap kuat di benakku.

Fiuhh………teman-teman sudah cukup basa-basinya.Ayo,bersama-sama kita buka album masa kecilku.yang sebagian mungkin sudah terhapus di memori otakku.kalian boleh tersenyum sinis,atau mungkin tertawa terbahak-bahak sepuasnya.Atau barangkali tak sudi membacanya,untuk mengetahuinya,karena tak ingin.Aku tak ingin memaksamu kawan………Karena aku tahu,kalian adalah jiwa-jiwa yang merdeka.tak perlu di setir untuk menjadi satir…….

Dan aku hanya akan menceritakan hal-hal yang benar-benar terbayang jelas di hidupku saat ini.Mari kita mulai kawa-kawan………..lembar demi lembar kehidupan masa kecilku.Hal-hal aneh yang pernah aku lakukan dulu…….HeHeHe……….

*Aku ingin lagi bermain-main sepuasnya dan seharian penuh dengan pasukan lelakiku,teman-teman masa kecilku.Melakukan kekonyolan-kekonyolan dan kebandelan-kebandelan khas anak kecil.Mandi telanjang di sungai,di bawah semburat hangat senja.Berkejaran kesana-kemari,menangkap bayangan matahari.Berlomba-lomba menggapai keindahan kupu-kupu liar,diantara harum mekar bunga-bunga yang penuh warna kesumba.Memanjat dari satu pohon ke pohon lainnya,tanpa di hantui rasa takut jatuh.Mencuri buah di kebun tetangga.Menaikkan layang-layang sampai menyentuh awan putih.Mengejar layang-layang putus,tanpa peduli sengatan mentari dan carut marut luka perih di seluruh tubuh.Menangkap ikan-ikan di kali dengan tangan-tangan mungil.naik ke bukit itu,dengan bekal seadanya.Berlarian diantara rimbun hijaunya rerumputan dan ilalang.Puas sudah sampai di puncak,meski keringat bercucuran membasahi tubuh .Merasakan dan membaui semilir angin yang membawa nafas kami di lembah sana.Meneriakkan gema dan gaung di seluruh penjuru alam.Berhujan-hujanan,mnerasakan dinginnya air dari sang penguasa nyawa.

*Aku rindu…………saat disetiap pagiku harus bermain petak umpet dan kejar-kejaran dengan bapakku.Bersembunyi disetiap sudut rumah,hanya untuk menghindari bangku sekolah.malas,pagi hari harus mandi,dipaksa bermesraan dengan dinginnya air yang tidak bersahabat.

*Aku kangen…………di saat setiap pulang sekolah ,aku memetik bunga melati di setiap pekarangan rumah tetanggaku.Lalu aku simpan di saku bajuku.Aku suka baunya……….begitu lembut,merasuk ke aliran darahku,mengantarkannya ke syaraf otakku.Menenangkan duniaku.Harumnya timbul tenggelam………seperti irama kehidupan manusia.Kusimpan melati itu sampai keesokan harinya.Sampai mengering.lalu ku ganti dengan bunga yang baru lagi.

*Serta banyak hal lain yang sudah tak kuingat lagi.Yang datangnya kadang samar,kadang nyata.Dan hal-hal lainnya,yang tak cukup untuk diceritakan di sini.

Ehmm…………dunia “itu” begitu damai dan menenangkan.Ingin rasanya mengulanginya lagi.Tapi aku sadar itu tak mungkn.Karena kemarin adalah kenangan,hari ini adalah kenyataan,dan hari esok adalah harapan.Dunia akan terus berputar.Membawa kita pada segala kemungkinan-kemungkinan.dan jika setiap saat aku merindukan masa-masa itu.Aku akan membangunkan lagi kenangan-kenangan yang tertidur nyeyak di dalam palung hatiku.Lalu kunikmati sepuasnya, segala warna-warni mimpi-mmpi nyata yang pernah disajikannya.Dan kusyukuri keberadaannya dalam hidupku selama ini.

Tidak ada komentar: